Review Decision: Medieval

Pernah membayangkan bermain game survival zombie, namun berada di tengah-tengah setting ala medieval, alias abad pertengahan? Nah, hal inilah yang ditawarkan oleh game flash dari developer Fly Anvil, yang berjudul Decision: Medieval.

Seperti dalam seri-seri Decision sebelumnya, kalian tetap menjadi seorang one-man-show, yang menaklulkan ratusan zombie sendirian. Nah, dalam seri Decision sebelumnya, kalian dilengkapi dengan berbagai senjata api, dan bertahan hidup di tengah kota modern yang kacau. Tapi dalam Decision: Medieval, kalian hanya menggunakan busur panah, pedang, kapak, hingga senjata bernuansa Abad Pertengahan lainnya. Bahkan setting kotanya juga dibuat menyerupai kota pada jaman itu.

GAMEPLAY

Decision: Medieval memiliki tujuan akhir yang sangat jelas; membebaskan kota dari kepungan zombie, dan membersihkan daerah sekitarnya dari para mayat berjalan itu. Nah, untuk mewujudkan hal itu, kalian harus merebut kembali berbagai fasilitas vital, yang sudah dikuasai zombie. Game akan berakhir, jika kalian berhasil merebut kembali kota dari tangan zombie. Alias semua fasilitas sudah berhasil kalian kuasai.



Berbagai fasilitas vital itu, misalnya saja benteng (quarter), hingga tambang (mine). Kedua fasilitas ini bisa memberikan keuntungan berbeda untuk karaktermu. Benteng bisa memperkuat pertahanan, sehingga mengurangi tingkat kepadatan zombie. Sedangkan tambang bisa menambah bahan-bahan material untuk meningkatkan level bangunan.

Pada setiap sesi permainan, maka akan dihitung satu hari dalam game. Setiap satu harinya, kalian bisa mengambil misi-misi yang sudah disediakan. Entah itu membersihkan kota dari zombie, ataupun menaikan level fasilitas yang ada. Satu hari akan dihitung selesai, jika misi sudah tercapai.



ARSENAL

Karena ini abad pertengahan, maka ucapkan selamat tinggal pada shotgun dan revolver kalian. Tidak ada senjata api atau sejenisnya dalam Decision: Medieval. Dalam game ini, kalian dilengkapi dengan senjata jarak dekat, seperti pedang, kapak, pisau. Sedangkan senjata jarak jauhnya, kalian bisa memakai panah dan busur silang (crossbow)

Seperti pada game Decision lainnya, setiap senjata bisa memiliki experience pointsnya. Semakin sering kalian menggunakan senjata itu, maka pointsnya akan naik. Setelah points itu mencapai jumlah yang cukup, maka senjata kalian akan bertambah stat pointnya, sehingga menjadi lebih kuat lagi.



Level senjata juga bisa kalian naikan dengan menggunakan gold. Gold bisa kalian peroleh dari membunuh zombie dan menyelesaikan misi. Semakin tinggi level senjata kalian, semakin banyak gold yang dibutuhkan juga lho. Gold juga berfungsi untuk menaikan level ability karakter kalian. Misalnya aja ability untuk membuka peti harta, hingga ability untuk berlari kencang (sprint).

Makin lama.. makin seru (dan susah)

Awalnya Decision Medieval terasa cukup mudah. Zombie yang keluar juga belum teralu banyak, dan mereka juga mudah sekali dikalahkan dalam beberapa kali tebas. Namun eiring berjalannya waktu, permainan akan makin terasa seru dan susah. Soalnya, jumlah zombie yang mengepung kota akan bertambah terus dan terus.



Waspada jika ada daerah yang mulai berwarna merah di peta. Artinya, daerah itu sudah terkontaminasi banyak zombie. Jika kalian tidak membersihkan zombie di sana secepat mungkin, maka daerah itu akan lepas dari kendali kalian. Daerah yang berwarna merah juga memiliki zombie yang banyak sekali jumlahnya. Persiapkan diri kalian menghadapi mob yang akan mengejar-ngejar karaktermu.

Sering kali boss juga akan muncul. Kalian bisa saja menghadapi 2-3 boss sekaligus. Sedikit tips, selalu jaga jarak aman saat melawan boss. Kadang-kadang boss akan menyeruduk karakter kalian dengan cepat.





Untuk memainkan Decision: Medieval kalian cukup menggunakan browser kesayanganmu saja., dan klik di sini untuk mengaksesnya Semua file permainan akan tersimpan dalam local disk kalian. Untuk memainkan game ini, kalian membutuhkan koneksi internet juga.

Perhatian! Decision Medieval menggunakan fitur save yang memanfaatkan cookies dan cache. Seluruh data save kalian akan hilang, jika menghapus cookies dan cache pada browser.


Well, happy gaming! Jangan sampai zombi-zombi itu mengigit kalian.

Ditulis oleh Chris Yang pada 17 June 2014 11:13



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus