Review Diablo III: Reaper of Souls

Beberapa waktu yang lalu, Diablo III akhirnya resmi merilis salah satu expansion terbesarnya; Reaper of Souls. Expansion ini tidak hanya menghadirkan Act 5, dan beragam quest baru lainnya. Namun menyediakan banyak fitur, hingga class terbaru yang bisa gamer mainkan.

Nah, dalam tulisan kali ini Gamexeon akan membahas mengenai beberapa fitur baru dari Reaper of Souls. Tenang aja, ga ada spoiler untuk storyline kok.

Review ini akan membahas mengenai konten single player untuk Reaper of Souls.


New Class: Crusader



Reaper of Souls menyajikan class ke-6 dalam Diablo III, yakni Crusader. Yang menarik dari class ini adalah, Crusader seperti layaknya gabungan melee dan range. Crusader juga memiliki control area yang sangat baik. Dia mampu memberikan serangan area yang luas. Well, saya pribadi membentuknya menjadi class gabungan unik, antara melee dan range.



Senjata ikonis Crusader adalah flail dan tameng. Yang sangat unik dari class ini, adalah kemampuannya memegang senjata 2 tangan, sebagai senjata 1 tangan. Yup. Kalian bisa menggunakan senjata 2 tangan, plus dengan tameng. Hal ini bisa memberikan kalian tambahan damage, serta block dan defense yang baik.

Secara umum Crusader adalah tipe penyerang area. Dia mampu memberikan serangan jarak dekat (melee), yang sama baiknya dengan serangan jarak jauh. Well, dia mampu menjadi tipe tanker, namun hanya dalam saat darurat saja. Class seperti Barbarian dan Monk memiliki tingkat defense yang jauh lebih baik.

New Mode: Adventure Mode



Kalian suka unsur eksplorasi, random dungeon, mencari harta karun, atau melawan monster untuk mendapatkan drop item langka? Reaper of Souls menjawab keinginanmu dengan menghadirkan Adventure Mode. Mode ini sebetulnya seperti mode free dari Story Mode. Ada 2 tipe permainan yang bisa kamu dapatkan di Adventure Mode; Bounty dan Nephalem Rifts.

Bounty

Kalian akan mengunjungi kembali semua Act terdahulu, namun dengan tantangan baru. Yup. Kalian akan diberikan misi, ataupun monster buruan (bounty) yang harus dikalahkan. Setiap Act menawarkan sekitar 5 misi bounty. Selesaikanlah semua misi bounty itu, kemudian melaporlah pada Tyrael. Dia akan memberikan karaktermu hadiah, yakni Horadric cache.


Setelah semua misi Bounty selesai, datang dan melaporlah ke Tyrael

Semua misi dan bounty akan diacak setiap kali kalian meninggalkan game (leave game).

Nephalem Rifts.

Ingin tantangan lebih? Mau mengalahkan banyak monster untuk menguji kekuatan karakter kalian? Masuklah ke Nephalem Rifts, dan tunjukan kemampuanmu sebagai Nephalem sejati. Nephalem Rifts hanya bisa diakses menggunakan rift keystones, lebih tepatnya 5 buah rift keystones untuk sekali memasuki rift. Well, rift keystones bisa kamu dapatkan dari melakukan bounty.


Tampilan rift yang tengah terbuka. Rift bisa diakses melalui tiap kota

Dungeon dalam rift selalu acak, dan menampilkan monster yang berbeda-beda. Jangan kaget jika kalian melakukan rift dengan dungeon dari Act 1, namun bertemu dengan monster dari Act 4. Hal ini membuat unsur penasaran, setiap kali kalian membuka rift. Bertanya-tanya tantangan apa yang ada di depan kalian. Terlebih lagi kalian bakal mendapatkan Blood Shards sebagai hadiah di akhir rift. Well, gunakan Blood Shards ini untuk menguji keberuntungan kalian melalui NPC Kadala, alias gambling. Dia bisa memberikan kalian senjata acak, dengan menukarkan Shards yang kalian miliki. Kadang kalian bisa mendapatkan item legend, tapi sering kali hanya item-item biasa saja.


NPC Kadala, tukarkan Blood Shardsmu kepadanya. Semoga beruntung!

New artisan : Mystic



Bosan melihat senjata kalian modelnya begitu-begitu saja? Atau ingin sekali mengubah status tak berguna dari armor kalian? Nah, untuk itulah Mystic datang membantu. Mystic adalah artisan ketiga, yang diperkenalkan dalam Reaper of Souls. Kalian akan bertemu dengannya, melalui storyline di Act 5.

Seperti yang ditulis di atas, Mystic memiliki 2 kemampuan utama. Dia mampu mengubah tampilan fisik senjata kalian, dan mengubah status senjata kalian. Untuk melakukan tugasnya, Mystic membutuhkan Gold dan material. Well, tidak ada batasan untuk menggunakan Mystic. Selama kalian tetap memiliki bahan yang dibutuhkan.


Contoh inventory dengan item yang sudah dimodifikasi dengan Mystic. Lihat icon lingkaran ungu? Itu tandanya item sudah di ubah tampilannya oleh Mystic

Mystic bisa mengubah tampilan senjata ataupun armor kalian. Khusus senjata, dia hanya bisa berubah tampilan dari jenis senjata yang sama. Misalnya, jenis pedang tidak bisa diubah tampilannya menjadi jenis kapak. Well, fitur ini lebih ke arah kosmetik saja, dan merupakan peningkatan dari fitur dye.

Yang lebih menarik dari Mystic, adalah dia mampu mengubah 1 status dari semua peralatan kalian. Tidak ada batasan, senjata ataupun armor, cincin, ataupun amulet. Namun Mystic hanya bisa mengubah maksimal satu status saja. Well, asyiknya adalah, kalian bisa terus-menerus mengubahnya, hingga mendapatkan angka ataupun status yang kalian mau. Selama masih memiliki material dan Gold.




Closing



Well, itul adalah 3 fitur utama yang menarik dari Reaper of Souls, menurut Gamexeon. Expansion ini bisa dikatakan menambah tingkat replaybility Diablo III, dan seperti mengembalikan konsep game ini kepada dungeon crawling. Ada banyak hal yang bisa dilakukan terus-menerus, dan membangkitkan rasa penasaran. Untuk pemain yang sudah menyentuh level akhir, Reaper of Souls juga memberikan end game content yang tetap bisa membuatmu sibuk. Entah itu mengumpulkan set item baru, atau mencoba random dungeon dalam tantangan rift.



Sediakan waktu luwang lebih untuk mengeksplorasi dunia baru dalam Reaper of Souls. Ada banyak tantangan baru menanti kamu, Nephalem!


Happy gaming

Ditulis oleh Chris Yang pada 03 May 2014 10:03



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus