Diablo III - review Patch 2.0.1

Dalam rangka hadirnya expansion Reaper of Souls, Blizzard juga merilis salah satu update terbesarnya untuk Diablo III, yakni patch 2.0.1 Dalam patch ini, sejumlah fitur dan konten mendapat perbaikan dan penyesuaian. Bisa dikatakan Patch 2.0.1 merupakan update terbesar, sejak Diablo III dirilis tahun 2012 lalu.

Ada sejumlah hal menarik dalam patch ini, termasuk diantaranya penghapusan sistem Auction House, hingga penambahan fitur Smart Loot (Smart Drop), dan Paragon 2.0. Maka dalam tulisan kali ini, Gamexeon akan membahas mengenai beberapa hal baru yang menarik dalam Patch 2.0.1 untuk Diablo III.

NOTE: Saat tulisan ini ditulis, Diablo III telah mendapatkan patch 2.0.3


Smart Drop, bye-bye item ga penting

Pernah merasa bete karena Barbarian kalian selalu dapat item Wizard? Atau malahan Wizard kalian selalu dapat equipment Barbarian? Nah, sistem Smart Drop akan mengurangi rasa frustasi karena salah drop ini. Smart Drop membuat barang-barang dari monster, memiliki stat point yang sesuai dengan tipe karaktermu. Misalnya Wizard yang merupakan karakter tipe INT, akan mendapatkan barang dengan stat INT di dalamnya. Hal ini memungkinkan Wizardmu tidak lagi mendapatkan armor dengan stat STR, yang merupakan tipe karakter untuk Barbarian.

Selain itu item spesifik untuk class tertentu, tidak bakal mendapatkan stat point dari tipe class lain. Misalnya senjata Mighty Weapon untuk Barbarian, tidak lagi menyelipkan stat INT, yang kadang-kadang muncul. Hal ini berlaku untuk semua equipment dan senjata khusus untuk class.

Paragon System versi baru

Patch 2.0.1 juga menyempurnakan Paragon System. Fitur untuk pemain level mentok ini, kini mendapat upgrade yang menarik, salah satunya adalah tidak ada batasan untuk level paragon, dan point Paragon juga bisa didistribusikan ke semua karakter yang dimiliki.

Paragon Points kini dibagi ke dalam 4 kategori; Core, Offense, Defense, dan Utility. Keempat kategori ini nantinya dipecah lagi ke dalam 5 sub-kategori. Pemain kini bisa membagi point paragon mereka, sesuai dengan kategori yang ada. Bonus Paragon Point ini juga bisa dipakai oleh karakter, yang belum mencapai level maksimal.
Keempat kategori dalam Paragon memiliki tambahan stat point untuk memperkuat karakter. Kalian dapat meningkatkannya sesuai dengan kebutuhan karakter. Pembagian Paragon Point juga dapat direset dengan mudah.

Perubahan tingkat kesulitan

Patch 2.0.1 menghapuskan Nightmare, Hell, dan Inferno, dan diganti dengan Normal, Hard, Expert, Master, dan Torment (1-6). Khusus untuk Master, hanya bisa diakses setelah kalian menyelesaikan Act IV. Sedangkan Torment bisa dibuka, setelah mencapai level 60. Tingkat kesulitan Torment bisa kalian ubah levelnya, dari level 1 hingga level 6. Tiap level menyajikan monster yang lebih susah, dan reward yang lebih banyak.

Well, pastikan equipment karakter kalian sudah oke, sebelum mencoba tingkat kesulitan di atas Normal ya.
Kalian juga diberikan 3 opsi baru untuk ressurect (menghidupkan karakter); ressurect di tempat, di kota, atau check point terakhir. Fitur ini tidak berlaku untuk tingkat kesulitan di atas Normal. Oh ya,batas ressurect di tempat, adalah maksimum sebanyak 3 kali berturut-turut saja.


Perubahan interface pada patch 2.0.1

Hal menarik lainnya adalah sistem auto-scale level, yang diterapkan kepada monster. Hal ini untuk menyesuaikan perubahan tingkat kesulitan pada Diablo III. Kini monster akan memiliki level yang sama, dengan level karaktermu. Tidak peduli apakah itu monster dari Act I, ataupun boss Act. Semuanya memiliki level yang sama, sesuai dengan level karakter yang kalian mainkan saat itu.

Selain itu level followers kalian juga terkena sistem auto-scale level ini. Yup, sekarang semua followersmu memiliki level yang sama dengan karaktermu.

Fitur-fitur lainnya

Clan
Kini sistem Clan, atau dikenal juga dengan nama Guild, telah dimasukan ke dalam permainan. Gamer bisa membentuk clan, dan mengumpulkan sesama gamer lainnya, hingga batasan maksimal 120 pemain.

Pools of Reflection
Melihat ada cawan mirip dengan Pools of Health, namun berwarna kuning emas? Nah, itulah Pools of Reflection. Item ini bisa kalian jumpai di sejumlah map, pada semua Act dan Quest. Guna Pools of Reflection adalah memberikan tambahan bonus exp 25%. Bonus ini memiliki durasi, hingga kalian mencapai jumlah exp tertentu (10% dari jumlah exp yang diperlukan untuk naik ke level Paragon selanjutnya), atau hingga karakter kalian mati. Bonus ini tidak hilang, walaupun kalian log out dari permainan.


Pools of Reflection, bisa ditemui di semua Act dan map.

Nephalem Glory
Kadang-kadang, monster akan menjatuhkan orb berwarna kuning menyala. Mirip seperti Health Orb, namun warnanya berbeda. Nah inilah Nephalem Glory. Orb ini mampu memberikan boost kepada karakter kalian, dalam periode waktu tertentu. Boost mencakup tambahan damage, hingga kecepatan gerak.


Contoh karakter Wizard, yang mendapatkan Orb Nephalem Glory.


Nah, di atas adalah beberapa fitur menarik yang ditambahkan, atau diperbaiki dalam Patch 2.0.1 Diablo III. Patch notes yang lebih lengkap bisa kalian baca di sini.


Nantikan juga review Gamexeon mengenai Reaper of Souls, expansion terbaru Diablo III.

Ditulis oleh Chris Yang pada 03 April 2014 12:34



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus