GameBeat: Kapal

Kalo kalian denger kata "kapal", apa yang kalian pikirin pertama kali? Laut? Matahari terbenam? Titanic? Kedengarannya romantis ya. Naik kapal berdua bareng pacar, mendayung perlahan sampe ke tengah danau, ngobrolin hal-hal remeh-temeh. Beuh, indahnya hidup.

Banyak cerita menarik yang bisa dikaitkan dengan kapal. Tentunya ngga terbatas hal-hal romantis aja. Aksi menegangkan di atas riak air yang semula tenang juga ngga kalah aduhai brur. Beraksi di atas kapal yang tengah terombang-ambing bukan hal yang gampang dan butuh keseimbangan tinggi. Beberapa jagoan video game favorit kita berhasil menanamkan aksi keren mereka di ingatan kita.

Catatan: Seperti biasa bakal banyak spoiler adegan dan cerita di artikel GameBeat kali ini. So, buat yang alergi ama spoiler, silakan stop baca artikel ini. Dan yang ngga keberatan dengan spoiler, bisa lanjut ke paragraf berikutnya.

SLEEPING DOGS



Biarpun Square Enix mengklaim bahwa mereka merugi dengan tingkat penjualan Sleeping Dogs (selain juga Hitman: Absolution dan Tomb Raider), bukan berarti Sleeping Dogs merupakan game berkualitas buruk. Sleeping Dogs adalah game yang unik. Seperti yang dibahas dalam artikel review Sleeping Dogs sebelumnya, game ini punya kekuatan di aspek cerita. Mengambil kisah kelamnya dunia geng Triad Hong Kong sebagai latar belakang cerita Sleeping Dogs, banyak sisi-sisi kisah "persaudaraan" dalam keluarga Triad yang menyentuh.



Wei Shen yang merupakan agen polisi rahasia ditugasin menyusup ke dalam keluarga geng Triad lewat sobat masa kecilnya, Jackie yang merupakan anggota geng Triad kelas bawah. Makin ke belakang, Wei Shen udah nganggep Jackie seperti adiknya sendiri. Mereka saling support satu sama lain baik dalam keadaan susah maupun seneng. Hal ini dibuktiin oleh Wei Shen yang ngebela-belain memacu speedboatnya di tengah baku tembak dengan anggota Triad lain cuma demi nolong Jackie yang diculik dan bakal dikubur hidup-hidup di sebuah pulau terpencil. Biarpun Jackie berhasil ditolong Wei Shen, tapi di akhir game nasib Jackie ngga seberuntung yang dikira Wei Shen.



MAX PAYNE 3





Di game Max Payne 3 banyak adegan yang bersetting di kapal. Mulai dari kapal pesiar sampe speedboat. Setelah berpesta pora di atas yacht keluarga Branco dan mabuk berat, Max tidur di kabinnya. Masih dalam keadaan hangover, dia mendapati pesta di kapal udah berakhir berganti dengan anggota milisi yang bertebaran di penjuru kapal. Lubang-lubang peluru di yacht mewah hasil dari baku tembak Max dengan para milisi pun ngga terelakkan.



Belum lagi aksi penyelamatan Fabiana oleh Max dan Passos di tengah markas Comando Sombra berujung di aksi kejar-kejaran seru di atas speedboat. Sembari mempertahankan kapal, Max menghujamkan tiap peluru ke tubuh para anggota geng yang menyerang dari segala sisi. Keadaan jadi lebih tegang begitu mesin kapal Max dan Passos mendadak mati. Dalam keadaan terjepit, Max cuma bisa bertahan sambil melindungi Passos yang berusaha ngidupin mesin kapal mereka lagi buat ngejar kapal pimpinan Comando Sombra tempat Fabiana ditahan. Begitu mesin kapal mereka berhasil nyala lagi, aksi kejar-kejaran ini mencapai klimaks ketika speedboat Max dan Passos melayang di udara dan dalam tempo slow-motion yang singkat, Max nyoba menghabisi tiap anggota geng yang ada di atas kapal tanpa melukai Fabiana sedikitpun. Sayangnya dibarengi dengan matinya mesin kapal Max dan Passos lagi, pimpinan Comando Sombra berhasil meloloskan diri dengan Fabiana.

METAL GEAR SOLID 2: SONS OF LIBERTY





Seperti yang udah kalian baca di artikel Mengungkap Cerita Dibalik Linimasa Metal Gear Solid Saga - Part 2 sebelumnya, dalam Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty, Snake kembali muncul buat menyusup di salah satu kapal kargo yang dicurigai dipake buat mengangkut prototype Metal Gear terbaru. Misi infiltrasi yang tadinya dirasa mudah ini mendadak berubah begitu pihak pasukan militer Rusia juga menginvasi kapal yang sama.



Keadaan makin rumit ketika Snake memergoki robot UAV pengintai Cypher milik pasukan militer AS terlihat berada di kapal kargo yang sama. Snake kudu tetep fokus buat ngambil bukti foto bahwa Metal Gear beneran diangkut dalam kapal kargo tersebut dan pasukan marinir AS lah yang ada dibalik semua ini. Kondisi makin ngga kondusif begitu Ocelot berkhianat pada Gurlukovich dan merebut Metal Gear RAY sekaligus berusaha menenggelamkan seisi kapal kargo beserta awak kapalnya dengan ngledakin bom Semtex yang udah dia pasang sebelumnya.

DEAD ISLAND RIPTIDE





Liburan ke pulau eksotis pas musim panas, nyewa perahu buat mancing di sungai. Seru kali ya mancing rame-rame bareng temen. Tapi gimana jadinya kalo bukan ikan yang kepancing tapi justru zombie? Mungkin dulu kita beranggapan kalo udah jadi zombie, mereka jadi makhluk yang bego yang ngertinya cuma makan dan makan. Siapa sangka zombie yang kita kira bego bisa berenang? Sebegitu gedekah insting mereka buat cari makan sampe-sampe mereka ngga mikir bergalon-galon liter air yang kehirup bakal masuk ke paru-paru mereka? Oh, wait, mereka kan udah mati ya haha!

Jokes aside, well, zombie is definitely not a joke. Zombie bukan semut yang ngga bisa mencapai targetnya meskipun terhalang genangan air. Ngga ada tempat aman dari zombie buat manusia selain terbang. Tapi, hei! Manusia kan ngga bisa terbang, dan kendaraan udara pun ngga bisa terbang selamanya kan. Detik demi detik adalah situasi yang menegangkan bagi keempat survivor di game Dead Island Riptide. Emang siapa yang mau gitu yang tadinya mau liburan malah kudu dibikin deg-degan setiap saat ama keberadaan mayat hidup haus daging segar para turis?

UNCHARTED 3





Gue kira jaman modern sekarang yang namanya bajak laut udah tinggal mitos, sampe akhirnya gue lihat masih ada bajak laut di laut lepas yang modelnya mirip-mirip bajak laut di Uncharted 3: Drake's Deception. Ngga tanggung-tanggung, bajak laut modern udah ngga bawa kapal layar dengan tiangnya yang menjulang tinggi ngibarin Jolly Roger. Kalo bisa bawa kapal pesiar hasil rampokan kenapa ngga? Mungkin dengan kamuflase tampilan kapal mewah, ngga bakal ada yang nyangka kalo kapal pesiar itu berisi perompak.

Sama seperti Nathan Drake yang ngga nyangka bakal bertempur ngelawan segerombolan perompak sendirian demi nyelametin Sully, sobat karibnya yang diculik dan ditawan di kapal mewah bajak laut ini. Sayangnya Sully yang "diculik" cuma umpan belaka buat menggertak dan menjebak Drake. Akibat baku tembak yang ngga terelakkan di lambung kapal, ledakan minor aja bikin kapal bocor dan rawan karam. Air laut yang mulai mengucur masuk mulai bikin panik ditambah musuh-musuh yang mulai flanking dari berbagai arah. Drake bersikeras keluar dari kapal yang udah miring berharap bisa selamat dari dalam kapal yang mulai tenggelam. Mungkin adegan ini kurang sehat buat yang phobia tenggelam. Tapi bukan Drake namanya kalo ngga beruntung bisa keluar dari keadaan seperti ini.



Beraksi di atas kapal sambil mempertahankan keseimbangan tubuh dari goyangan kapal akibat riak air emang pengalaman yang asoy. Tapi bakal lebih asoy lagi kalo selagi jagoan kita beraksi di atas kapal, kita dapet glitch mirip di menit ke 3:00 dari video gameplay Assassin's Creed 4 di atas yang bisa bikin kita ngakak jungkir balik.

Bonus Wallpaper


1920x1080

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 30 March 2014 09:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus