Metal Gear Solid V: Ground Zeroes Trophy & Achievement Guide

Udah ngerti sekilas jalan cerita Metal Gear Solid: Peace Walker dan Metal Gear Solid V: The Phantom Pain dari review Metal Gear Solid V: Ground Zeroes sebelumnya? Sekarang saatnya kita obok-obok lebih dalem gameplay Metal Gear Solid V: Ground Zeroes dengan misi-misinya yang relatif singkat ini. Siapa peduli orang bilang kalo gamenya terlalu singkat? Justru gamer Metal Gear Solid V: Ground Zeroes berlatih secara maksimal buat jadi prajurit militer hebat yang bisa menginfiltrasi markas musuh dan ngelarin misi yang ditugaskan dalam waktu sesingkat mungkin.

Catatan: Artikel Metal Gear Solid V: Ground Zeroes - Trophy & Achievement Guide ini hanya berisi spoiler gameplay (bukan spoiler cerita). Buat yang alergi spoiler silakan stop baca sampai paragraf ini. Bagi kalian yang ngga masalah dengan spoiler gameplay, bisa lanjut baca ke paragraf berikutnya.

TIPS



  • Dalam Metal Gear Solid V: Ground Zeroes, killing is a BIG NO. Membunuh prajurit yang berjaga di Camp Omega hanya akan mengurangi perolehan skor kalian di akhir game. So, sebisa mungkin jangan mencabut nyawa mereka. Cukup bikin pingsan atau bius dengan tranquilizer gun yang kalian punya. Pastiin selalu pindahkan prajurit yang tidur/pingsan ke lokasi yang tersembunyi atau jauh dari pandangan prajurit lain yang berpatroli untuk menghindari status siaga musuh.

  • Menginterogasi setiap musuh adalah keputusan yang bijak. Mereka bisa ngasih berbagai info penting seperti lokasi collectible item, lokasi tawanan perang (termasuk Chico & Paz), lokasi gudang persenjataan, lokasi kendaraan, lokasi kamera pengawas, dan lain-lain. Setelah menginterogasi musuh, baru bikin mereka ngga sadarkan diri.

  • Manfaatin binocular lo buat menandai lokasi tiap musuh, kendaraan, dan Anti-Air gun yang tersebar di Camp Omega. Nantinya lokasi dan pergerakan mereka bakal ditampilin di radar dan berguna buat menyusun strategi penyusupan.

  • Di sini kegelapan adalah kawan. Makin gelap area Camp Omega jadi keuntungan kita buat nentuin rute infiltrasi. Kalo kalian punya kesempatan buat mengakses lampu sorot di tiap menara pengawas, ubah arah sorotnya ke langit supaya pergerakan kalian dibawah nantinya lebih leluasa. Catatan, tips ini hanya berlaku buat misi infiltrasi di malam hari.

  • Kalian bisa manfaatin opsi untuk men-skip cutscene buat memperpendek waktu misi.



TROPHY/ACHIEVEMENT



Biarpun Metal Gear Solid V: Ground Zeroes cuma punya 15 trophy/achievement, butuh keahlian ekstra sebagai gamer yang suka main game stealth buat ngedapetin semua trophy/achievement. Nantinya gue bakal kasih tips buat nuntasin tiap misi dengan strategi seefektif mungkin versi Gamexeon.


Trophy/achievement ini ngga bakal terlewat dan bakal kalian dapet di misi utama yaitu Ground Zeroes setelah nyelametin Chico atau Paz lebih dulu. Chico ditahan di area penjara di sebelah tenggar Camp Omega, sedangkan Paz ditawan di ruang pemanas bawah tanah di gedung Admin di ujung utara Camp Omega.


Ground Zeroes merupakan misi utama dan satu-satunya misi yang bisa dimainin di awal game. Trophy/achievement ini ngga bakal kelewat dan bisa kalian dapetin setelah berhasil kelarin misi ini.


Lihat trophy/achievement "06_Hero" untuk lebih lengkapnya.


Lihat trophy/achievement "06_Hero" untuk lebih lengkapnya.


Lihat trophy/achievement "06_Hero" untuk lebih lengkapnya.


Ada 1 misi utama (Ground Zeroes) dan 5 misi sampingan (termasuk misi bonus Deja Vu (PlayStation) dan Jamais Vu (Xbox)) yang kudu kalian kelarin dengan perolehan S-rank buat bisa dapetin trophy/achievement ini sekaligus trophy 3-4. Berikut coba gue jabarin strategi paling efektif versi Gamexeon untuk masing-masing misi buat dapetin S-rank.

Catatan:
  • Kepergok musuh ngga bakal ngurangin skor selama dalam Reflex mode kalian berhasil ngelumpuhin musuh tanpa musuh sempet mengubah status penjagaan jadi siaga.

  • Menonaktifkan Reflex mode bisa nambah perolehan skor tapi ini metode yang beresiko kalo kalian kepergok musuh di tengah jalan.

  • Membunuh sangat diharamkan kalo kalian ngga pengen dapet skor minus.

  • Mengevakuasi POW alias tawanan perang adalah hal sunnah. Boleh dilakuin buat nambah skor, tapi inget mengevakuasi POW satu-persatu juga makan durasi misi lebih lama yang berimbas di perolehan skor ranking.

  • Untuk mempermudah lokasi dan pergerakan musuh, lo bisa coba manfaatin Night-Vision goggles.


Misi Ground Zeroes


Target utama kalian dalam misi ini cuma nyelametin Chico dan Paz. Acuhin semua obyektif sampingan dan ambil rute tercepat seperti yang dicontohin video gameplay dari T3tsuyaV2 di atas. Ketika dia sampe ke tahap nyelametin Paz, dia ngambil rute ekstraksi terjauh dimana heli menjemput di titik awal Big Boss memulai misi di area barat daya Camp Omega. T3tsuyaV2 memilih rute itu karena rute patroli dan tingkat penjagaannya lebih minim. Rute terpendek setelah keluar dari pintu samping Admin Building adalah memanggil heli di poin ekstraksi yang sama dimana Big Boss mengevakuasi Chico untuk pertama kali yaitu di area deket gua sebelah tenggara Camp Omega. Tapi rute yang kedua ini lebih beresiko dimana setelah Big Boss keluar dari Admin Building bakal ada kendaraan baja yang bersiaga di deket helipad. Kalian boleh milih antara dua rute pelarian diri di atas yang kalian anggap paling cocok dengan gaya permainan kalian. Manfaatin tranquilizer gun yang kalian punya buat membius tiap musuh yang ditemui.



Eliminate the Renegade Threat (Side Op)


Target utama dalam misi ini adalah membunuh dua target, yaitu Glaz & Palitz. Cara paling efektif buat ngebunuh mereka berdua dan segera kabur dalam waktu singkat adalah dengan senjata sniper. Di awal misi segera panggil heli untuk menjemput di titik ekstraksi area gua sebelah tenggara Camp Omega dan mulailah bergerak ke arah truk yang sedang parkir deket Anti-Air gun di area jembatan. Di belakang bak truk tersebut ada sniper yang bisa kalian pake. Segera ambil dan naik ke menara pengawas yang ada di persimpangan jalan deket tenda pengungsi. Lokasi Glaz ada di sebelah barat di antara 3 bangunan gudang. Dia dikawal dua penjaga jadi cukup gampang buat dideteksi. Sedangkan Palitz ada di menara pengawas tertinggi Admin Building (sebelah utara) bersama dua penjaga lainnya. Bunuh keduanya dengan headshot. Lakukan eksekusi secepat mungkin karena semakin lama kalian nunggu, keduanya bakal sering berpindah-pindah lokasi dengan kendaraan dan sulit buat dibidik. Begitu berhasil ngebunuh keduanya segera lari ke titik penjemputan.



Intel Operative Rescue (Side Op)

Kunci untuk bisa dapetin S-rank dalam misi ini adalah dengan menghindari membunuh musuh. Selain bisa menambah perolehan skor, ngelarin misi ini tanpa membunuh satu prajurit pun bakal bisa bikin lo dapetin trophy/achievement "09_Pacifist". Satu-satunya cara untuk menghindari membunuh musuh selama misi yaitu dengan pake stun gun Uragan-5 Pistol yang tersedia di awal misi. Hanya dengan sekali tembak, maka prajurit yang kena bakal langsung pingsan. Pastiin tiap tembakan lo akurat mengenai tiap target karena nyawa intel yang ngga lain adalah Hideo Kojima dalam bahaya tiap detiknya. Mendekati akhir misi, bakal ada kendaraan baja menyerang yang harus dihancurin dengan rocket launcher yang bisa diambil di deket jeep tempat Kojima pingsan. Pancing kendaraan musuh menjauh dari area prajurit-prajurit yang udah lo bikin pingsan dengan stun gun karena kalo mereka ikut terbunuh dari ledakan rocket launcher, maka hanya akan mengurangi perolehan skor di akhir misi sekaligus lo gagal dapet trophy/achievement "09_Pacifist". Sesaat setelah kabur dengan heli, kalian bakal diikuti heli Black Hawk musuh. Tunggu sampe seorang prajurit muncul di pintu heli dan tembak dengan stun gun yang lo punya. Kalo di tengah misi Kojima terbunuh, jangan ulangi misi dari checkpoint tapi pilih ulangi misi dari awal.

Classified Intel Acquisition (Side Op)


Misi ini bakal diawali dengan Big Boss yang menyusup ke Admin Building dengan sembunyi di bak truk. Cukup tiarap di bak truk sampe berhasil masuk ke area Admin Building. Di deket gerbang Adming Building segera turun dan bergerak ke arah gang kecil di tembok sebelah selatan sebelum truk parkir. Susuri gang itu hingga sampe di ujung sisi gedung. Bakal ada prajurit yang patroli di sekitar situ. Tunggu hingga mendekat dan segera bius. Gotong dan sembunyiin tubuhnya di temrpat yang ngga terlihat di sisi gang. Naiki tangga yang ada di deket situ dan bergerak ke arah menara pengawas tertinggi tempat lokasi kaset tape yang dimaksud (ada di atas meja menara pengawas). Hati-hati, sebelum masuk ruang menara pengawas, tembak dulu kamera pengintai yang ada di dalam dengan rifle yang lo punya. Matinya kamera pengintai bakal memicu kecurigaan musuh dan mengirim seseorang buat memeriksanya. Segera ambil kaset tape, balik ke area tempat truk parkir deket gerbang utama dengan lompat langsung dari atas. Hati-hati dengan penjaga yang ada di sekitar situ. Begitu aman, segera naik dan sembunyi di bak truk lagi hingga sang supir balik dan tunggu aja sampe keluar area Camp Omega. Berhasil lolos via truk di misi ini juga akan berhadiah trophy/achievement "10_Infiltration"

Destroy the Anti-Air Emplacements (Side Op)


Ada 4 Anti-Air gun yang tersebar di Camp Omega tapi ngga harus semuanya dihancurin. Minimal cukup 3 aja buat menghemat waktu. Rute paling efektif adalah dari titik awal (lihat gambar map), lumpuhin kedua penjaga yang ada di deket Anti-Air gun no.1 dengan tranqulizer gun dan pasang C4 buat diledakin nanti mendekati akhir misi. Jalan menuju pagar perbatasan helipad Admin Building. Tembak tong yang ada di sebelah Anti-Air gun no.2 dengan rifle dari balik pagar. Di sini situasi penjagaan bakal makin ketat jadi lo harus mulai bergerak cepat. Masuk melintasi pagar lalu dari situ tembak tong di sebelah Anti-Air gun no.3 yang terletak di arah Timur. Segera curi truk dan bergerak ke arah tikungan yang menuju jalan bawah jembatan dan berhenti di samping bangunan kecil di sekitar situ. Pada waktu ini kendaraan baja bakal mulai aktif berpatroli. Segera keluar dari truk dan lari ke bawah jembatan untuk memasang sisa C4 di tengah jalan tempat kendaraan baja nanti melintas. Meskipun cuma butuh 3 ledakan C4, habisin aja sisa C4 yang ada buat jaga-jaga kalo ada ledakannya yang meleset. Tunggu hingga kendaraan baja melintas dan ledakin C4 yang udah terpasang. Setelah hancurnya kendaraan baja, lo bakal memasuki batas waktu 3 menit sebelum pesawat pembom dateng ngledakin Camp Omega. Dari sini lo bisa langsung menuju poin ekstraksi buat segera pergi, tapi kalo dalam jangka waktu 3 menit pengen nambah poin dengan mengevakuasi POW yang ada sih terserah. Yang pasti hati-hati aja sama 2 penjaga yang dateng dengan jeep ke area penjara dan beberapa Claymore (ranjau) yang tersebar menuju titik ekstraksi.

Dj-Vu (Extra Op)


Untuk bisa membuka misi bonus ini, kalian harus ngumpulin ke-9 XOF patch yang tersebar di misi Ground Zeroes (untuk lokasi lebih jelasnya, lihat bagian trophy/achievement "15_Insignia"). Obyektif dari bonus misi ini sesuai dengan namanya yaitu merekonstruksi ulang beberapa event yang pernah terjadi di Metal Gear Solid. Cukup rekonstruksi 4 event dari ketujuh syarat adegan Dj-Vu yang ada. (1)Dari titik awal misi segera bergerak menyusuri area utara Camp Omega hingga sampai di belakang box peti kemas tempat kalian bisa liat ada kamera pengawas di area depan pintu samping Admin Building. (2)Setelah berhasil merekonstruksi adegan kamera pengawas, segera bergerak ke arah selatan menuju belakang pembatas beton tempat dimana kalian bisa lihat ada heli dengan dua penjaga di helipad. Setelah rekonstruksi adegan heli, segera bergerak ke arah barat laut menyusuri dinding luar Admin Building. (3)Tepat di tengah-tengah helipad yang ada di depan Anti-Air gun ada dua lampu sorot penjaga yang memantau. Ambil Granat yang ada di tengah helipad tanpa ketahuan lampu sorot penjaga. Setelah rekonstruksi adegan kelar, segera masuk melalui pintu belakang Admin Building dimana kalian bakal mendapati area panel listrik di dalamnya. (4)Tekan panel listrik yang pintunya terbuka dan terdapat banyak tombol lampu buat madamin aliran listrik di Admin Building untuk merekonstruksi adegan Psycho Mantis. Setelahnya segera bergegas menyusuri area belakang salah satu gedung Admin Building dan masuk ke saluran udara yang ada di dinding terdekat dengan gerbang utama area tersebut. Terus merangkak hingga misi selesai.




Buat dapet trophy/achievement ini kalian kudu mengevakuasi POW yang bakal dieksekusi di misi Ground Zeroes. POW yang dimaksud ngga berada di lokasi area penjara dimana Chico dan POW lain ditahan. POW yang dimaksud berada di area tenda pengungsi di sebelah barat di balik peti-peti kayu. Hati-hati dengan penjaga yang berpatroli dan menara pengawas yang ada di deket situ. Evakuasi tawanan tersebut dengan heli dan notifikasi trophy ini bakal langsung muncul sesaat setelah POW yang dimaksud berhasil naik ke heli.




Misi ini cukup sulit mengingat durasi waktu misi yang terbatas karena target bakal terus bergerak berpindah-pindah lokasi sebelum akhirnya keluar dari area Camp Omega (dibarengi dengan gagalnya misi kalian). Alih-alih ngebunuh kedua target, Glaz & Palitz di misi "Eliminate the Renegade Threat", kalian kudu mengevakuasi keduanya (tentunya dalam keadaan pingsan) buat dapetin trophy/achievement ini. Banyak metode yang bisa dicoba, tapi sejauh ini ada satu metode efektif, thanks to Maka91Productions yang ngasih panduan buat nuntasin trophy/achievement ini melalui videonya di atas.


Lihat trophy/achievement "06_Hero" bagian Intel Operative Rescue (Side Op) untuk lebih lengkapnya.


Lihat trophy/achievement "06_Hero" bagian Classified Intel Acquisition (Side Op) untuk lebih lengkapnya.


Setelah dapetin S-rank di misi Destroy the Anti-Air Emplacements, kalian udah bisa sedikit main santai tanpa buru-buru buat bisa dapetin trophy/achievement ini. Trophy ini bisa didapet setelah kalian mengevakuasi keempat POW yang ada di Camp Omega. Seperti yang kalian tahu sebelumnya, ketiga POW ditahan di area penjara arah tenggara, sedangkan yang satunya lagi berada di area bawah tanah tempat Paz ditahan. Satu-satunya rute terpendek dan teraman untuk mengekstraksi tahanan adalah di area timur tempat kalian mengekstraksi Chico sebelumnya. Pastiin keempat POW berhasil dievakuasi hidup-hidup dan berhasil naik heli dengan selamat. Voila, trophy/achievement ini bakal jadi milik kalian.


Trophy ini merupakan trophy eksklusif untuk Metal Gear Solid V: Ground Zeroes versi PlayStation (PS3 & PS4). Buat dapetin trophy ini, kalian kudu merekonstruksi ketujuh adegan Metal Gear Solid yang ada. Daftar ketujuh adegan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Surveillance Camera

  • Helicopter with Guards

  • Box on Helipad

  • Power Generator

  • Ancient Stoneface

  • Jeep

  • Tank


Urutan rute paling efektif untuk merekonstruksi semua adegan adalah dengan merekonstruksi adegan (1)Jeep lebih dulu (lihat gambar map untuk lebih jelasnya). Lokasi Jeep terletak di deket menara pengawas sebelah helipad tempat dimana heli dan 2 penjaga berada. Naik dan kemudikan Jeep itu ke arah bawah jembatan buat merekonstruksi adegan Jeep. (2)Setelah itu bergerak ke arah ujung barat daya dimana terdapat tenda pengungsi dan tank yang sedang parkir dengan penjaga di dalamnya. Pastiin penjaga yang berpatroli di sekitar area ini udah kalian lumpuhin karena buat merekonstruksi adegan Tank, kalian kudu ngelempar granat ke dalam lubang pintu Tank yang kebuka. Penjaga yang tidur di dalem tank bakal terlontar keluar dan pingsan dibarengi rekonstruksi adegan Tank. Kembali ke titik awal dimana kalian nemuin Jeep buat merekonstruksi urutan adegan selanjutnya, yaitu: (3)Surveillance Camera, (4)Helicopter with Guards, (5)Box on Helipad, dan (6)Power Generator yang udah dibahas sebelumnya (lihat trophy/achievement "06_Hero" bagian Dj-Vu (Extra Op) untuk lebih lengkapnya). Sekarang tinggal satu adegan terakhir dimana kalian kudu nyari patung batu kepala yang sering ditemui di Easter Island ini. Lokasi patung ini terdapat di lorong ruang pemanas sebelum kalian sampe di pertigaan ruang menuju lokasi Paz ditahan. Patung ini ada di atas rak di dinding lorong. Setelah semua adegan berhasil direkonstruksi, segera masuk dan merangkak ke saluran udara di dinding salah satu gedung terdekat pintu gerbang Admin Building yang ditandai dengan obyekif "Goal" pada map.

Catatan: Keterangan petunjuk rekonstruksi adegan bisa kalian lihat via iDroid Big Boss. Pastiin jangan merusak benda atau membunuh prajurit yang seharusnya ada dalam adegan Dj-Vu kalo ngga mau mengulang misi dari awal.


Achievement ini merupakan achievement eksklusif untuk Metal Gear Solid V: Ground Zeroes versi Xbox (Xbox 360 & Xbox One). Seperti yang tertera di keterangan trophy ini, kalian kudu ngelarin obyektif yang ada tanpa musuh memasuki status siaga. Dengan kata lain, kepergok musuh ngga apa selama kalian berhasil ngelumpuhin musuh selagi dalam kondisi Reflex mode.


Selama gameplay berlangsung, segala macem kegiatan kalian bakal dipantau dan dicatat apakah berhasil kelarin misi dengan kondisi-kondisi tertentu. Tiap misi dengan tingkat kesulitan yang beda punya kondisi trial yang beragam. Berbagai macem trial ini bisa kalian pantau di menu Trial Records di menu utama. Lebih lengkapnya bisa kalian baca dari daftar dibawah:

Misi Ground Zeroes

Normal
  • Fastest marking of all enemies

  • Fastest Neutralizing of all enemies


Hard
  • Fastest Completion Time

  • Fastest Completion Time (with stealth and no kills)

  • Fastest Completion Time (with no weapons used)

  • Fastest Prisoner Cell to Chopper Paz Rescue


Eliminate the Renegade Threat (Side Op)

Normal
  • Fastest marking of all enemies

  • Fastest Neutralizing of all enemies


Hard
  • Fastest Completion Time

  • Fastest Completion Time (with stealth and no kills)

  • Fastest Completion Time (with no weapons used)

  • Fastest Target Extraction


Intel Operative Rescue (Side Op)

Normal
  • Fastest Neutralizing of all enemies


Hard
  • Fastest Completion Time

  • Fastest Shooting of all Moai


Classified Intel Acquisition (Side Op)

Normal
  • Fastest marking of all enemies

  • Fastest Neutralizing of all enemies


Hard
  • Fastest Completion Time

  • Fastest Completion Time (with stealth and no kills)

  • Fastest Completion Time (with no weapons used)

  • Fastest Acquisition of second tape.


Destroy the Anti-Air Emplacements (Side Op)

Normal
  • Fastest marking of all enemies

  • Fastest Neutralizing of all enemies


Hard
  • Fastest Completion Time

  • Fastest Completion Time (with stealth and no kills)

  • Fastest Completion Time (with no weapons used)

  • Fastest Acquisition of second tape.


Dj-Vu (Extra Op)

Normal
  • Fastest marking all enemies

  • Fastest Neutralizing of all Enemies

  • Fastest Collection of all Mines

  • Fastest Extermination of all Crows

  • Fastest Unlocking of all doors


Hard
  • Fastest Completion Time

  • Fastest Completion Time (with stealth and no kills)

  • Fastest Erasing of all Markings

  • Fastest Completion of FOX Logos

  • Fastest Extermination of all Rodents


Overall Trial Records

  • Longest Range headshot

  • Longest range headshot with tranquilizer

  • Farthest distance enemy sent flying

  • Fastest destruction of wooden watch-towers


Trophy/achievement ini butuh grinding dalam waktu cukup lama tergantung dari obyektif trial yang diminta masing-masing misi. So, buat dapetin trophy/achievement ini butuh waktu main yang lebih santai dan enjoy.


Buat dapet trophy/achievement ini kalian kudu mengoleksi ke-12 kaset tape yang tersebar di berbagai misi Metal Gear Solid V: Ground Zeroes. Berikut daftar lengkap misi dan lokasi dimana kalian bisa ngumpulin kesemua kaset tape.

Chico's Tape
  • Chico's Tape 1: Kelarin misi Intel Rescue Operative.

  • Chico's Tape 2: Di atas meja di dalem menara pengawas Admin building di misi Ground Zeroes.

  • Chico's Tape 3: Evakuasi Chico di misi Ground Zeroes. Kaset tape ini bakal jatuh ke tanah begitu Chico naik ke heli.

  • Chico's Tape 4: Evakuasi POW yang akan dieksekusi di tenda pengungsi sebelah barat daya di misi Ground Zeroes (Lebih jelasnya lihat bagian trophy/achievement "07_Rescue").

  • Chico's Tape 5: Selama misi Ground Zeroes pergi ke area dimana Paz disekap lebih dulu sebelum kalian mengevakuasi Chico (kalo ngga kaset tape ini bakal terlewat). Nguping obrolan penjaga yang ada di area tersebut dan kalian bakal nemuin kaset tape di atas tempat sampah di samping gedung paling barat laut Admin building.

  • Chico's Tape 6: Di misi "Eliminate the Renegade Threat" masuk ke gudang senjata yang ada di area paling selatan deket menara pengawas dan Anti-Air gun. Kaset tape terletak di belakang rak amunisi di dalam gudang.

  • Chico's Tape 7: Selama misi "Destroy the Anti-Air Emplacments" evakuasi POW yang ditahan di ruang yang sama dimana Paz ditahan di misi Ground Zeroes dan evakuasi semua POW yang ditahan di area penjara.


Other Tape
  • Dj-Vu/Jamais Vu: Di misi Dj-Vu/Jamais Vu, pergi ke poin ekstraksi sebelah tenggara tempat kalian mengekstraksi Chico. Di deket pintu gua ada gundukan batu tempat kaset tape Chico jatuh saat naik heli. Kaset tape Dj-Vu/Jamais Vu ada di lokasi yang sama. Hati-hati dengan Claymore yang tersebar di sekitar area ini. Manfaatin Night-Vision goggles yang lo punya.

  • Here's To You: Di misi Ground Zeroes, kalian bisa nemu kaset tape ini di sel milik Paz (sebelah sel Chico ditahan) di area penjara. Kaset tape ini tergeletak di atas selimut dalam sel Paz yang kosong.

  • Agent's Recording: Di misi "Classified Intel Acquisition" kaset ini terletak di menara pengawas Admin Building. Tembak kamera pengintai yang ada sebelum memasuki ruangan menara pengawas.

  • Classified Intel Data: Di misi "Classified Intel Acquisition", interogasi penjaga botak yang ada di lorong ruang pemanas dekat ruangan tempat Paz disekap. Jangan bunuh atau bius penjaga ini kalo ngga mau kelewat buat dapet kaset tape ini.

  • ZOE The 2nd Runner Song: Kelarin semua misi pada mode Hard dengan perolehan ranking apapun.




Thanks to Maka91Productions yang nunjukin panduan lokasi kaset tape dari video di atas. Notifikasi trophy/achievement "14_Information" bakal muncul begitu kalian berhasil mengoleksi tape ke-12.




Buat dapetin trophy/achievement ini kalian kudu ngoleksi ke-9 XOF patch yang tersebar di misi Ground Zeroes. Berikut keterangan lokasi XOF patch dari map di atas:



  1. XOF patch: Tiarap, tahan tombol membidik (L1/LB), arahkan analog kiri ke arah kiri/kanan dan tekan L3/LS dan Big Boss bakal mulai berguling. Terus berguling sampe ada adegan lebay dimana XOF patch yang nyelip di pantat Big Boss terlepas.
  2. XOF patch: Di area awal, patch kedua ada di sekitar pinggir tebing.
  3. XOF patch: Patch ketiga ada di atas tumpukan seng di tenda pengungsi sebelah barat daya Camp Omega.
  4. XOF patch: Patch keempat ada di atas kotak panel generator paling barat.
  5. XOF patch: Patch kelima ada di bagian tengah area helipad Admin Building.
  6. XOF patch: Patch keenam ada di pintu masuk saluran air deket pintu samping Admin Building.
  7. XOF patch: Patch ketujuh ada di atap gedung seberang balkon setelah memasuki pintu samping area Admin Building. Naik ke balkon melalui tangga lebih dulu. Lompat ke kotak generator yang ada di tengah dan dilanjut manjat ke atap gedung dimana patch ketujuh berada.
  8. XOF patch: Patch kedelapan ada di atap pos penjaga di deket area penjara tempat Chico disekap.
  9. XOF patch: Patch kesembilan ada di deket pintu masuk area penjara.


CLOSING



Biar kata rata-rata misi yang ada dalam game Metal Gear Solid V: Ground Zeroes bisa dituntasin dalam jangka waktu yang relatif singkat, tapi tingkat tantangan dari tiap misi ngga bisa diremehin. Cuma gamer game stealth veteran aja yang mampu dan kuat mental buat nuntasin kesemua misi yang ada dengan catatan rekor terbaik. Prajurit-prajurit gamer stealth yang udah terlatih di Metal Gear Solid V: Ground Zeroes inilah yang nantinya terjun ke medan perang sebenernya di Metal Gear Solid V: The Phantom Pain.



So, for all of soldier in training like you, I'll be waiting you in Metal Gear Solid V: Ground Zeroes!

images: metalgear.wikia | gamesradar.com

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 27 March 2014 09:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus