Pilih Server Lokal, atau Server Internasional?

Ada satu hal yang biasanya menjadi pertimbangan gamer saat mau main MMO, yakni pemilihan server. Server yang dimaksud di sini adalah server internasional, ataukah bermain di server lokal. Keduanya memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Ditambah pula perbedaan-perbedaan lainnya, seperti faktor bahasa.

Bingung mau nyoba server lokal, atau lebih suka main di internasional? Coba cari inspirasi dahulu dalam tulisan di bawah ini.

Server lokal

Karena kita tinggal di Indonesia, maka server lokal yang dimaksud adalah server Indonesia. Biasanya, server ini tersedia ekslusif di negara atau kawasan tertentu. Ada pula server lokal yang mengenakan sistem block IP. Artinya jika kalian tidak tinggal di Indonesia, kalian ga bisa mengakses MMO anu.

Server lokal juga menghadirkan konten dalam bahasa setempat. Semua isi dan tulisan dalam game, telah diterjemahkan ke dalam bahasa negara itu. hal ini jelas menguntungkan gamer yang ga gitu paham dengan bahasa asli sebuah MMO. Misalnya, game dari Korea atau Cina, yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Ini memudahkan gamer Indonesia untuk paham isi game tersebut.


contoh konten lokal dalam Point Blank Indonesia, skin Hide ala KOPASSUS

Beberapa konten game server lokal juga telah disesuaikan. Misalnya aja pada game Audition AyoDance server Indonesia, kalian bisa memainkan lagu-lagu dari musisi Indonesia. Atau game Point Blank Indonesia, yang memberikan skin yang terinspirasi dari pakaian KOPASSUS. Asyiknya nih, konten-konten inilah yang ga bisa kalian jumpai di server internasional.

Bermain di server lokal juga mempermudah pembayaran top up. Buat beli voucher, uda banyak banged agen-agen penyedia top up. Mulai dari beli lewat SMS, transfer, hingga voucher fisik di warnet-warnet terdekat, bahkan sekarang bisa beli voucher juga di sejumlah mini market lho. Gampang banged, kan?

Server internasional

Seperti namanya, dalam server ini kalian ga bermain sendirian. Alias ada ratusan, atau ribuan orang dari berbagai negara berbeda, yang tumplek ke server ini. Makanya, server internasional bisa amat penuh sesak. Kalian bisa menemukan lebih banyak manusia yang bermacam-macam di sini.

Namanya juga internasional, maka bahasa yang dipakai biasanya juga bahasa internasional. Kebanyakan server internasional menggunakan bahasa Inggris. Ga Cuma dalam konten gamenya aja, bahkan percakapan dalam game biasanya juga menggunakan bahasa Inggris. Ada yang bilang, ini bisa ngelatih bahasa Inggris mereka.

Ada pula game online server internasional, yang melarang playernya memakai bahasa non-inggris. Bukan kenapa-kenapa sih. Jika kalian chatting secara personal, dengan orang yang sudah kalian kenal, itu ga apa-apa. Tapi jika chating di lakukan di world chat, belum tentu kan gamer lain paham bahasa yang kalian gunakan.

Asyiknya dalam server internasional ini, kalian bisa bertemu banyak orang dari berbagai negara. Bisa berkenalan dengan mereka, sekaligus main bareng. Jadinya, kalian bisa memperluas komunikasi kalian, bahkan ke tingkat internasional lhoo. Yang bikin susah kalau mau ketemuan langsung, alias gathering hehe.



Ada pula server-server internasional yang sudah dapat update lebih cepat, jika dibandingkan dengan versi lokalnya. Artinya, kalian bica icip-icip konten paling baru. Selain itu, ada juga game-game online yang baru rilis server internasionalnya aja. Alias, belum sampai ke Indonesia. Jadinya kalian bisa nyobain game baru tuh.

Yang bikin agak ribet dari server internasional sih, menyoal top up ya. Banyak game yang hanya menerima kartu kredit, atau paypal. Nah cara pembayaran ini masih belum familiar di Indonesia. Ada gamer yang uda punya paypal atau kartu kredit, dan mereka ga pusing soal top up. Namun gamer yang belum punya, mungkin agak kerepotan sih.

Ada juga yang bilang, gamer luar negeri lebih sopan, ga bocah kayak gamer lokal. Yah, ada benarnya, dan ada tidaknya juga. Ada pula gamer luar negeri yang memang baik. Namun ada pula yang tidak. Saya beberapa kali melihat flame war, hanya karena persoalan..ehem, ras. Nah, ini yang harus kalian perhatikan sih. Hinaan, dan bully seputar SARA tetap kental di server internasional. Ini sih.. sebetulnya kembali ke playernya sendiri. Mau luar negeri, atau dalam negeri, bocah ini pasti ada.

Kesimpulannya?

Pilihlah yang memang sesuai dengan minat dan kesukaan kalian. Mau itu server lokal, ataupun internasional, semuanya tetap oke. Yang penting tetap saling menghargai, dan membentuk komunitas gamer yang sehat. Well, bully dan bocah pasti selalu ada di mana-mana. Tapi ingat juga, pasti juga ada pemain yang baik dan sopan. Ini sih, pasti bisa ditemukan di server lokal ataupun internasional.

Well, saya juga bermain di server internasional kok. Alasan utamanya biasanya karena game itu belum rilis di Indonesia. Tapi, saya juga memiliki banyak akun game di server lokal. Well, saya menikmati bermain di keduanya.



happy gaming!

Ditulis oleh Chris Yang pada 30 March 2014 11:04



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus