Mengungkap Cerita Dibalik Linimasa Metal Gear Solid Saga - Part 2

Hi guys, ketemu bareng gue lagi, Denny di artikel sejarah perjalanan Metal Gear Solid saga bagian ke-2. Buat kalian yang belum baca seri pertamanya bisa akses dari link dibawah ini.



Warning! Spoiler Alert! Sedikit ngingetin lagi bagi kalian yang alergi terhadap spoiler (sekecil apapun bentuknya), ada baiknya kalian stop baca sampe disini dan main seri game MGS terlebih dulu biar ngga kaget dan baca artikel Mengungkap Cerita Dibalik Linimasa Metal Gear Solid Saga - Part 1. Buat kalian yang udah ngga sabar dengan lanjutan timeline cerita bersejarah dari seri MGS, silakan lanjut baca ke paragraf berikutnya.

METAL GEAR SOLID V: THE PHANTOM PAIN


1984


Bermula dari Big Boss yang bangun dari koma selama 9 tahun, dia sadar kalo lengan kirinya udah hilang diganti dengan tangan pengait. Di kilas balik kisah sebelumnya Big Boss banyak diburu untuk dibunuh oleh berbagai pihak. Salah satunya ditandai dengan serangan yang terjadi di rumah sakit tempat Big Boss bangun dari koma. Dibantu dengan sosok misterius yang mengaku bernama Ishmael, Big Boss berhasil kabur dari invasi di rumah sakit dan meloloskan diri bareng Ocelot. Ngga berapa lama keduanya melakukan perjalanan ke Afghanistan untuk mencari Paz dan membalas dendam. Di sinilah inti cerita dari MGS V bakal berlangsung.



Yang paling bikin gue bertanya-tanya adalah benda aneh mirip pecahan logam (atau batu?) yang bersarang di dahi sebelah kanan Big Boss. Darimana dia dapet "tanduk" itu? Apakah kita bakal dapet jawabannya di MGS V: GZ? Banyak yang mengaitkan bahwa "tanduk" itu adalah simbol dari MGS V dimana Big Boss merasa dirinya bukanlah lagi seorang manusia (setelah sekian banyak nyawa yang telah ia cabut) dan dia menganggap dirinya sudah jadi iblis.

1990


Solid dan Liquid Snake sama-sama bertarung dalam Perang Teluk. Waktu itu Solid tergabung dalam pasukan baret hijau AS sedangkan Liquid merupakan bagian dari pasukan SAS. Naas, Liquid berhasil tertangkap dan jadi tawanan perang.

1991


Masih inget dengan Genome Soldier yang kalian temui di seri MGS? Mereka adalah pasukan garis depan Perang Teluk yang dijadikan kelinci percobaan proyek Perfect Soldier Program, sama seperti Frank Jaeger (Gray Fox). Dengan menyuntikkan bagian dari DNA Big Boss dengan kadar yang udah diperhitungkan, panca indra dan kemampuan bertempur mereka jadi meningkat pesat. Proyek ini sebenernya berefek samping ke para prajurit yang memperoleh suntikan dan seringkali dikaitkan sebagai sindrom pasca Perang Teluk (Gulf War Syndrome/GWS). Dengan kata lain selama ini ratusan pasukan Genome Soldier yang dibunuh oleh Solid Snake selama insiden Shadow Moses di MGS, secara teknis juga merupakan saudaranya sendiri. Ironis. Sementara itu Big Boss kembali ke AS untuk mengambil alih kembali kontrol unit FOXHOUND.

1994


Setelah dilaporin hilang dari Perang Teluk oleh MIA, pasukan militer berhasil melacak dan nyelametin Liquid untuk dibawa pulang ke Amerika.

METAL GEAR


1995


Dibawah perintah AS, Solid Snake dikirim dalam salah satu misi FOXHOUND yang dikomandoi langsung oleh Big Boss untuk menginvestigasi kegiatan yang berlangsung di Outer Heaven. Outer Heaven sendiri sebenernya merupakan sebuah wadah atau bisa disebut juga negara independen yang menampung para prajurit yang ngga pengen dijadiin pion dan pengen bebas dari jeratan pemerintah negaranya masing-masing. Faktanya, Outer Heaven dibentuk oleh Big Boss. Terus kenapa Big Boss ngirim Solid Snake untuk melakukan infiltrasi ke Outer Heaven? Big Boss yakin kalo Snake bakal gagal dalam misi, tapi kenyataan berkata lain. Snake berhasil ngehancurin Outer Heaven dan salah satu senjata pamungkas Big Boss, Metal Gear TX-55. Big Boss berhasil selamat dan kabur bareng sisa prajurit yang bertahan hidup ke Timur Tengah.

METAL GEAR 2: SOLID SNAKE


1999


Solid Snake dikirim ke Zanzibar Land, sebuah negara yang dijaga kekuatan militer cukup ketat dimana Big Boss mengerjakan proyek Metal Gear lainnya. Snake ketemu dan bertarung dengan Frank Jaeger yang mengendalikan Metal Gear D. Dari pertempuran yang kelihatan ngga seimbang itu, Snake berhasil menumbangkan Metal Gear D. Jaeger yang masih bertahan hidup memberi isyarat ke Snake kalo dia ingin duel tangan kosong dengannya. Setelah kena hantaman bertubi-tubi dari Snake, Jaeger kalah dan ngejelasin alasannya kenapa dia membantu Big Boss. Bukan karena hutang budi setelah diselamatin Big Boss dari konflik Mozambican War of Independence, tapi karena ini adalah satu-satunya cara dia bisa nemu tujuannya untuk berperang meski aslinya dia benci akan peperangan.

Setelah berhasil menang, Snake lanjut berhadapan dengan Big Boss. Runtuhnya Zanzibar Land disertai dengan tewasnya Frank Jaeger akibat ledakan salah satu ranjau. Namun sisa-sisa potongan tubuhnya berhasil diselamatin The Patriots dan dijadikan kelinci percobaan oleh Dr.Clark (Para-medic (MGS3)). Inilah awal mula penderitaan Frank Jaeger sebagai cyborg ninja Gray Fox dimulai. Meski tubuhnya bertahan hidup, Gray Fox ngga inget apa-apa kecuali pertempuran terakhirnya dengan Snake di Zanzibar Land.

2000


George Sears alias Solidus Snake ditunjuk jadi Presiden AS ke-43 (sama seperti George W. Bush). Dengan begini akhirnya The Patriots punya sosok pemimping yang nyaris sempurna mirip Big Boss. Beda dengan Solid dan Liquid, Solidus mengalami proses penuaan cukup cepat dibanding kedua saudaranya. Setelah pengunduran diri Solid Snake dan Roy Campbell, Liquid mengambil alih kepemimpinan FOXHOUND dan bergabung dengan Ocelot.

2002


Naomi Hunter, adik angkat Frank Jaeger (Gray Fox) bergabung dengan tim divisi ilmiah FOXHOUND untuk ngembangin virus FOXDIE yang bisa membunuh target tertentu dengan cara mengidentifikasi nanomachine dan DNA sang target. Efek kematiannya terlihat seperti serangan jantung.

METAL GEAR SOLID


2005


Ketika fasilitas nuklir di pulau Shadow Moses, Alaska diambil alih oleh Liquid dan unit FOXHOUND-nya, Solid Snake kembali dipanggil dari masa pensiunnya. Liquid mengancam bakal melancarkan serangan nuklir kalo Big Boss ngga menyerahkan diri ke FOXHOUND. Sementara itu misi Snake untuk nyelametin Kenneth Baker gagal karena terinfeksi virus FOXDIE yang disuntikkan oleh Naomi Hunter ke tubuh Snake sebelum misi berlangsung. Alasan Naomi menyuntikkan FOXDIE ke tubuh Snake karena Naomi pengen balas dendam pada Snake setelah "membunuh" kerabat dekatnya yang ngga lain adalah Frank Jaeger di insiden Zanzibar Land.



Snake kembali bertemu dengan Jaeger dalam wujud Gray Fox selama misi di Shadow Moses. Snake melawan tiap kru FOXHOUND anak buah Liquid dan akhirnya berhasil berhadapan dengan saudaranya yang mengendalikan Metal Gear Rex. Gray Fox kembali muncul buat ngebantu Snake melawan Liquid. Setelah kekalahannya di Zanzibar Land, Fox cuma punya satu tujuan, yaitu duel untuk terakhir kalinya dengan Snake dan mati di tangannya. Fox yakin kalo sebenernya dia udah ditakdirkan untuk mati di Zanzibar Land. Pada akhirnya, dia tewas ketika membantu Snake dalam misinya untuk menghentikan Liquid, dan memperoleh kedamaian abadi yang selama ini dia cari.

"We're not tools of the government or anyone else. Fighting was the only thing... the only thing I was good at, but... at least I always fought for what I believed in. Snake... farewell..." Gray Fox


Ocelot yang kehilangan tangannya setelah dipotong Fox, mengganti tangannya dari jasad Liquid dan selanjutnya berencana menjual rancangan Metal Gear ke pasar gelap.

2006


Snake dan Otacon mendirikan Philanthrophy, sebuah organisasi yang bertujuan menghentikan produksi massal unit Metal Gear setelah Ocelot menjual rancangannya ke beberapa kelompok.

METAL GEAR SOLID 2: SONS OF LIBERTY - TANKER


2007


Solid Snake menyusup ke sebuah kapal kargo yang dicurigai digunakan untuk mengangkut dan menyelundupkan Metal Gear. Disamping itu dia juga dalam misi untuk mempelajari lebih dalam tentang The Patriots. Snake bukan satu-satunya pihak yang sedang mengawasi pergerakan distribusi Metal Gear. Pihak Rusia dibawah pimpinan Sergei Gurlukovich yang bekerjasama dengan Ocelot turut melakukan penyerangan mendadak ke kapal tanker. Ocelot berhasil mencuri Metal Gear RAY, menenggelamkan kapal tanker, dan sempet sedikit berpidato dengan jadi medium roh Liquid untuk membodohi The Patriots. Atas insiden ini serangan kapal tanker ini, Snake dan Philanthropy jadi kambing hitam dan dia terpaksa memalsukan kematiannya untuk menghindari penangkapan.

METAL GEAR SOLID 2: SONS OF LIBERTY - BIG SHELL


2009


Solidus Snake dan grup teroris Sons Of Liberty menginvasi Big Shell, pusat instalasi yang dilaporkan dibangun untuk membantu membersihkan sisa-sia tumpahan minyak akibat insiden kapal tanker sebelumnya. Namun aslinya pusat instalasi tersebut merupakan benteng mobile Arsenal Gear yang disamarkan.



Dibawah perintah salah satu AI komputer Outer Heaven bernama GW (diambil dari nama presideng George Washington) yang menyamar sebagai Roy Campbell, Raiden menjalankan misi yang aslinya hanyalah simulasi yang serupa dengan insiden Shadow Moses. Tujuan misi ini hanya untuk mencari tahu apakah cukup efektif untuk melahirkan prajurit yang punya kemampuan setingkat Solid Snake. Misi "palsu" ini berakhir sukses disertai dengan beberapa kejadian yang ngga terduga. Ocelot berhasil melarikan diri sedangkan Solidus Snake berhasil meluluh-lantakkan kota Manhattan dengan mendaratkan Arsenal Gear di atasnya. Disinilah Raiden menghabisi nyawa Solidus, ayah angkat yang telah membunuh kedua orangtua kandungnya.

2011


Semenjak maraknya insiden serangan teroris seperti insiden kapal tanker, insiden penyerangan Manhattan, dan insiden lain yang terjadi di dunia, Private Military Company (PMC) jadi ladang bisnis yang potensial. Kelima PMC yang paling banyak berlaba berada dibawah naungan Outer Heaven yang kini dipimpin oleh Ocelot. Melalui Sons Of The Patriots, sebuah sistem berteknologi canggih yang dipake untuk memantau perkembangan para prajurit khusus yang memiliki nanomachine di tubuhnya, mulai laku keras dan dipake oleh berbagai negara yang dilanda konflik.

2012


Raiden ditangkap oleh The Patriots untuk dijadikan kelinci percobaan sebagai cyborg ninja yang berikutnya setelah kematian Gray Fox. Proses pemotongan organ tubuh yang ngga kebayang sakitnya buat Raiden. EVA (Big Mama) berhasil nyelamatin Raiden dan dengan bantuan Doktor, ilmuwan berkebangsaan Jerman yang ahli dalam bidang bedah Prosthesis/Cybernetic (organ badan buatan), Raiden berhasil bertahan hidup setelah mengalami "siksaan" dari The Patriots.

METAL GEAR SOLID 4: GUNS OF THE PATRIOTS


2014


Dengan keadaan ekonomi dunia yang berbasis peperangan, kepemimpinan Ocelot atas PMC menjadikannya sebagai musuh publik no.1 di mata dunia. Solid Snake yang mengalami penuaan cepat dan kini dapet panggilan Old Snake, dikirim oleh Campbell sekali lagi untuk membunuh Ocelot atau lebih tepatnya Liquid(?)



Disinilah akhir dari duel abadi antara kakak beradik akan ditentukan. Ocelot mati untuk selamanya. Big Boss bangun dari koma akibat nanomachine miliknya dan menyusul Snake di pemakaman. Dengan kematian Zero, kini tinggal Big Boss satu-satunya anggota The Patriots yang masih hidup. Big Boss sadar keberadaannya dekat dengan Snake bakal mengakibatkan dia terbunuh akibat virus FOXDIE yang ada dalam tubuh Snake. Big Boss sempat melakukan penghormatan terakhir di depan makam The Boss, seorang pahlawan, panutan, dan orang yang udah dia anggap seperti ibu sendiri. Sebelum kematiannya, ia berpesan pada Snake untuk menghabiskan sisa hidupnya dalam hidup yang damai, bukan untuk berperang. Big Boss menghembuskan nafas terakhirnya di makam The Boss, dikelilingi bunga Lili, sama seperti The Boss melihat murid kesayangannya di Rokovoj Bereg untuk terakhir kali.

2015


Raiden bergabung dengan Maverick Security Consulting (MSC), sebuah organisasi yang menyediakan penjagaan keamanan untuk para kliennya. Mereka lebih suka disebut perusahaan swasta penyedia jasa keamanan (bodyguard) dibanding tentara bayaran seperti PMC.

2016


Anggota senat AS, Steven Armstrong diperiksa terkait dengan World Marshal, sebuah perusahaan militer swasta berbasis di Denver, Colorado. Perusahaan ini diduga menjadi generasi baru PMC setelah runtuhnya Outer Heaven yang dipimpin oleh Ocelot di masanya.

METAL GEAR RISING: REVENGEANCE


2018


Setelah membantu pembangunan kembali salah satu negara di Afrika, Raiden mengalami cidera cukup parah setelah dapet serangan dari PMC Desperado (World Marshal) yang juga mengakibatkan presiden terbunuh. Untuk menghindari kematian, Raiden terpaksa menyetujui penggunaan tubuh cyborg ninja secara penuh. Dia bersumpah akan membalas dendam pada Jetstream Sam dan para anggota Desperado.



Misi yang diembannya membawa Raiden mengetahui rahasia busuk para agen petinggi PMC, yaitu Sears Program, sebuah proyek Desperado yang terinspirasi dari proyek prajurit anak-anak milik Solidus. Setelah berhasil membunuh Sam, Metal Gear EXCELSUS, dan senator Armstrong, Raiden pensiun dari MSC.

Pada dasarnya inti dibalik kisah Metal Gear Solid saga terletak dalam rentang waktu kejadian yang berlangsung dari Metal Gear Solid 3: Snake Eater hingga Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots. Metal Gear Rising: Revengeance merupakan kisah baru yang berdiri sendiri dan hanya mengambil sebagian elemen yang ada di seri Metal Gear Solid terdahulu.

Tapi terlepas dari itu, video game mahakarya Hideo Kojima dan rekan-rekan Konami ini mengajarkan kita akan satu hal:

"We're neither the good guy nor the bad guy. We're merely human who make a good or bad choices. No matter to whom we're fighting for, war will always leaves scars."


Mari kita hormati mereka, para pejuang dan korban yang telah banyak menderita akibat perang dengan lagu ending Metal Gear Solid karya Rika Muranaka ini.



image: metalgear.wikia

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 28 February 2014 09:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus