Mengungkap Cerita Dibalik Linimasa Metal Gear Solid Saga - Part 1

Tanggal rilis Metal Gear Solid V: Ground Zeroes tinggal nunggu hitungan hari. Ngga kerasa bentar lagi kita bakal bisa menikmati seri terbaru dari Metal Gear saga yang masih dapet campur tangan dari sang maestro seri Metal Gear Solid (MGS), siapa lagi kalo bukan Hideo Kojima? Apakah ini betul-betul seri MGS terakhir dimana Kojima bakal ikut turun tangan? Entahlah, hal ini masih jadi misteri. Seperti yang sudah-sudah biarpun Kojima menyatakan bakal berhenti (campur tangan) dari franchise seri MGS, tapi di tiap seri terbaru yang rilis ternyata Kojima masih ambil peranan dalam pengembangannya. Ngga heran sih yang namanya developer cinta banget sama game buatannya, bahkan sampe menganggap gamenya udah seperti anak sendiri. Fenomena yang sama yang juga dialami Kazunori Yamauchi pada seri Gran Turismo buatannya.

Tapi di artikel ini kita ngga bakal bahas soal itu. Sesuai dengan judul artikel ini, kita bakal belajar sedikit sejarah tentang kejadian-kejadian penting yang terjadi di dunia MGS. Secara garis besar MGS merupakan game yang punya plot cerita yang cukup kompleks dengan tema peperangan beserta perkembangan teknologi militer. Gue akui kisah dalam tiap seri MGS merupakan hasil karya yang jenius, bener-bener sebuah mahakarya dari Hideo Kojima. Mungkin pernyataan tersebut sedikit terkesan bias karena gue adalah fans berat seri MGS, heheh.

MGS terkenal punya gaya penceritaan dengan alur yang maju-mundur. Saking jenius kisah dan rumitnya alur cerita dari tiap seri MGS, bahkan bagi fans berat seri MGS sekalipun kalo mereka ngga jeli bisa aja kehilangan arah alur cerita yang terjadi. Di artikel ini gue bakal coba sedikit berbagi alur kisah MGS menyusuri linimasa seri MGS sesuai dengan tahun kejadian penting di dunia dari tiap serinya. Belum afdol rasanya kalo kalian mau main MGS V: GZ, tapi belum ngerti sejarah cerita dibalik serinya.

Warning! Spoiler Alert! Sedikit peringatan bagi kalian yang alergi terhadap spoiler (sekecil apapun bentuknya), ada baiknya kalian stop baca sampe disini dan main seri game MGS terlebih dulu biar ngga kaget. Hehe. Buat kalian yang penasaran dan pengen melengkapi celah di ingatan kalian supaya bisa mencerna tiap kepingan cerita bersejarah dari seri MGS, silakan lanjut baca ke paragraf berikutnya.

1765


Sekelompok patriot Amerika membentuk Sons Of Liberty, sebuah kelompok yang dibentuk untuk menentang kekuasaan Inggris dan melindungi hak-hak penjajah. Nama dan impian organisasi inilah yang nantinya dipake oleh kelompok teroris di MGS 2 dibawah pimpinan Solidus Snake.

1862


Karakter tertua sekaligus sniper legendaris, The End lahir ke dunia. Jangan main-main dengan The End. Meski usianya udah lebih dari 100 tahun, kemampuannya sebagai sniper legendaris ngga diragukan lagi. Kehebatannya menyatu dengan alam menjadikan The End prajurit mematikan yang siap flanking dari belakang tanpa kita sadari. Ngga percaya? Coba aja tiarap selama beberapa menit sambil menyisir area persembunyian The End (Boss Battle) di Sokrovenno pake thermal goggles pada mode First Person View. Pasti kalian bakal kaget mendadak The End udah ngacungin Mosin-Nagant-nya ke punggung kalian.



Ada sedikit fakta menarik kalo The End punya kaitan dengan Quiet, yang bakal tampil perdana di MGS V: TPP. Mereka berdua punya kemampuan berganti pigmen kulit dimana pada The End lebih tampak seperti bercak kulit orang lanjut usia pada umumnya, dan pada Quiet tampak seperti makeup eyeliner. Apakah hubungan yang sebenernya di antara mereka?

1922


The Philosophers, kelompok yang terdiri dari individu yang paling kuat, kaya, dan berpengaruh dari seluruh Amerika Serikat, Uni Soviet, dan Cina didirikan. Satu anggota akan punya anak perempuan. Dia akan tumbuh jadi The Boss.

1935


John aka Jack aka Big Boss/Naked Snake(MGS 3)/Punished Snake(MGS V) lahir. Big Boss dikenal sebagai penerus The Boss selama perang dingin. Kode genetiknya inilah yang nantinya dipake dalam program Les Enfants Terrible (LET), sebuah program kloning untuk menghasilkan prajurit tempur sehebat Big Boss. Dari program inilah cikal bakal dari kelahiran Solid, Liquid, dan Solidus Snake.

1942


The Boss membentuk Cobra Unit, sebuah pasukan elit militer yang beranggotakan prajurit berkemampuan khusus seperti The Pain, The Fear, The Fury, The Sorrow, The End, dan ngga terkecuali The Boss sebagai pimpinannya.

1943


The Boss pergi ke Los Alamos untuk membunuh John von Neumann, seorang polymath dan ahli matematika yang diduga merupakan mata-mata Jerman terkait Manhattan Project pada PD II. Setelah tahu bahwa kondisinya tengah hamil, The Boss gagal menjalankan misi dan menderita koma selama 3 bulan. The Boss menderita beban mental karena gagal menjalankan misi dan merasa ikut bertanggung jawab atas perang dingin yang berlangsung. Bahkan setelah tahu bahwa informasi John von Neumann adalah mata-mata ternyata merupakan siasat Uni Soviet semata untuk menyabotase Manhattan Project, The Boss tetap menyalahkan dirinya.

1944


Saat D-Day alias hari pertama penyerangan Normandy, The Boss terkena cidera luka tembak di area perut dan terpaksa melahirkan jabang bayinya (Revolver Ocelot) dengan prosedur operasi caesar yang nantinya ninggalin luka bekas jahitan mengular di tubuhnya. Sekedar informasi, ayah dari jabang bayi itu ngga lain adalah The Sorrow.

1961


Pada masa ini sekelompok ilmuwan Soviet dibawah kepemimpinan Nikolai Sokolov memulai pengembangan Shagohod, senjata nuklir mobile seberat 150 ton yang nantinya bakal jadi nenek moyang mecha Metal Gear yang lebih canggih di seri MGS berikutnya.

METAL GEAR SOLID 3: SNAKE EATER


1964


Virtuous Mission diawali dengan Naked Snake yang ditugasin untuk menyelamatkan Nikolai Sokolov. Masih inget adegan (favorit gue) dimana Snake mengobati cidera patah tulangnya setelah terlibat CQC dengan The Boss di jembatan ketika mengawal Sokolov? Saat itulah Snake merasa telah dikhianati The Boss karena berpaling ke pihak Volgin dan turut membawa Sokolov. Misi Snake berujung kegagalan. Karena insiden ini, Amerika Serikat (AS) dituduh sebagai penyebab berbagai kerusakan yang sebenernya merupakan ulah Volgin. Untuk membuktikan bahwa pihak AS ngga bersalah, mereka mengirim Snake dalam Operasi Snake Eater untuk menghancurkan Shagohod dan membunuh The Boss. Operasi inilah yang jadi titik balik kisah hidup Naked Snake.

Operasi Snake Eater sendiri sebenernya adalah beban bagi Snake. Dia dipaksa untuk membunuh mentornya (The Boss) dan menemukan kenyataan bahwa operasi tersebut (termasuk aksi pengkhianatan The Boss) adalah akal-akalan pemerintah AS semata demi menghindari tuduhan atas serangan nuklir sekaligus merebut aset 1,3 triliun dollar, Philosophers' Legacy yang digadang-gadang menjamin kemenangan sebuah negara dalam peperangan bahkan hingga beberapa dekade yang akan datang. Meskipun memperoleh gelar Big Boss setelah berhasil membunuh The Boss, Snake terlanjur sakit hati. Karena operasi Snake Eater, dia telah kehilangan mata kanannya, mentornya, sekaligus patriotisme bagi negaranya. Merasa dikhianati, dia akhirnya mengundurkan diri dari FOX.



Menurut gue, seri MGS terbaik adalah MGS 3: Snake Eater karena punya cerita paling emosional akan karakter di dalamnya. Tahu ngga kalian kenapa The Boss milih pertempuran terakhirnya dengan Snake di sebuah padang rumput bunga Lili? FYI, selain sering dikaitkan dengan kematian/pemakaman, bunga lili juga melambangkan bahwa jiwa orang yang telah meninggal telah dikembalikan ke keadaan tidak berdosa. The Boss tahu bahwa dia akan mati di tangan muridnya sendiri dan memilih padang rumput bunga Lili di Rokovoj Bereg yang dalam bahasa Rusia berarti "Lake of Destiny" sebagai tempat yang tepat untuk menebus dosanya.

1966


Selama konflik Mozambican War of Independence, Big Boss ketemu dan menyelamatkan seorang prajurit anak-anak korban perang bernama Frank Jaeger. Dia kemudian dirawat oleh Big Boss, tapi sayangnya ngga lama kemudian Frank diculik oleh The Philosophers untuk dijadikan kelinci percobaan untuk proyek Perfect Soldier Program. Nantinya Frank Jaeger inilah yang kalian temui di MGS sebagai cyborg ninja Gray Fox.

METAL GEAR SOLID: PORTABLE OPS


1970


Big Boss ditangkap oleh mantan unitnya yaitu FOX. Selama ditahan, dia bertemu salah seorang baret hijau, Roy Campbell yang juga dikurung dalam sel dengan tuduhan penyebab unit FOX membelot. Keduanya bekerjasama dan berhasil meloloskan diri. Dia kemudian membentuk unit FOXHOUND (secara ngga resmi) untuk menuntaskan misinya. Ternyata hasil akhir dari misi Big Boss udah diprediksi dan merupakan akal-akalan Ocelot untuk memancing direktur CIA keluar dan membunuhnya. Alasannya adalah untuk merebut Philosophers' Legacy yang pernah dipake mantan pimpinan FOX, Major Zero untuk mendirikan The Patriots.

1971


FOXHOUND diresmikan sebagai salah satu unit militer AS pada tahun 1971, meskipun sebenernya ini merupakan propaganda semata untuk menjadikan Big Boss sebagai pahlawan ikonis. Ngga lama kemudian Big Boss jatuh koma. Demi mempertahankan sosok kepemimpinan Big Boss yang sedang jatuh sakit, akhirnya The Patriots memulai program kloning LET yang nantinya melahirkan Trio Snakes.

1972


Setelah sadar dari koma, Big Boss terkejut dan merasa ngeri akan program LET dan mutusin untuk hengkang dari The Patriots. The Twin Snakes, Solid dan Liquid lahir melalui perut EVA yang bisa dibilang adalah ibu mereka secara genetik meski melalui prosedur inseminasi buatan. Berbeda dengan Solidus Snake yang murni sebagai salah satu kloning yang tumbuh secara mandiri.

METAL GEAR SOLID: PEACE WALKER


1974


Setelah hengkang dari The Patriots, Big Boss membentuk grup pembunuh bayaran, Militaires Sans Frontires (MSF). Dia dan timnya dipekerjakan dalam misi investigasi aktivitas CIA di Costa Rica. Di sana dia menemukan dan mematikan proyek senjata AI sembari merekrut orang-orang yang bertanggung jawab atas senjata dengan kode sandi Peace Walker tersebut. Dengan bantuan dari mereka, Big Boss berhasil membangun Metal Gear versinya sendiri, yaitu ZEKE. Sayangnya ZEKE berhasil dibajak oleh Pacifica Ocean (Paz) yang bertujuan memaksa Big Boss untuk kembali ke The Patriots. Big Boss terpaksa menghancurkan karyanya sendiri dan Paz berhasil kabur.

METAL GEAR SOLID V: GROUND ZEROES


1975


Big Boss melacak Paz hingga ke sebuah fasilitas penjara naval AS di Kuba bernama Camp Omega, dimana Chico yang juga terlibat insiden Peace Walker disekap. Masih inget dengan MGS V Red Band Trailer dimana ada adegan sadis Big Boss dan timnya mengoperasi seorang anak dan berhasil ngeluarin bom CND dari perutnya? Anak itu adalah Paz, seperti yang udah dikonfirmasi KJP podcast. Lalu gimana dengan Skull Face, pria misterius yang (sepertinya) merupakan pimpinan organisasi XOF? Apakah dia juga seseorang yang ikut terlibat di insiden Peace Walker? Vladimir Aleksandrovich Zadornov kah? Entahlah, hal ini masih misteri hingga gamenya rilis dan nyampe di tangan kita.

1982


Jack alias Raiden lahir dan tumbuh di tengah-tengah Perang Saudara Liberia dan turut ambil bagian sebagai seorang prajurit bocah. Dia diasuh dan dibesarkan oleh Solidus, dilatih menjadi prajurit ahli pedang. Pedang dinilai sebagai senjata yang lebih mulia dibanding senjata api di mata Jack setelah Solidus mendemonstrasikan pemakaian pedang dengan menggorok leher salah seorang prajurit di depannya. Dengan kemampuan tingkat membunuh yang tinggi, Jack menerima julukan "Jack the Ripper".

Artikel ini bersambung ke Mengungkap Cerita Dibalik Linimasa Metal Gear Solid Saga - Part 2

image: wikipedia | giantbomb | metalgear.wikia

Ditulis oleh Denny Aryadi pada 21 February 2014 09:00



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus