Mengenal tipe inventory umum dalam MMORPG

Sebagai gamer, itilah Inventory pastinya sudah tidak asing dong ya. Pada banyak game, inventory berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang. Dari mulai persenjataan, potion, hingga item-item lainnya, bisa dijejalkan masuk ke dalam inventory.

Nah, inventory sendiri juga bukanlah hal asing di jagad MMORPG. Bahkan dalam MMORPG, gamer bisa melihat beberapa tipe-tipe inventory. Pada tulisan ini, saya akan mencoba menjabarkan beberapa tipe inventory yang umum dalam MMORPG.

Inventory berdasarkan jumlah item perslot

Bisa dikatakan, tipe ini paling umum dalam MMORPG. Barang dan equipment akan diletakan ke dalam slot-slot, berbentuk kotak-kotak kecil. Biasanya, satu kotak melambangkan satu jenis, atau satu tipe barang yang sama. Jika barang itu berjumlah lebih dari satu, maka akan ada keterangan berupa angka. Sehingga gamer bisa mengetahui seberapa banyak barang yang mereka miliki.

DSC04400

Jika slot tersebut sudah terisi semua, maka artinya inventory kalian penuh. Namun, selama kalian memiliki barang bertipe sama, yang sebelumnya sudah ada di inventory, kalian tetap bisa memasukannya. Sejumlah game juga memberikan fitur auto-arrange, alias secara otomatis akan merapikan inventory kalian. Jadinya, tidak ada ‘lubang bolong-bolong’, dan semuanya rapi teratur.

Inventory berdasarkan berat barang

Dalam tipe ini, kapasitas inventory kalian akan ditentukan oleh berat barang itu sendiri. Secara default, kalian memiliki berat maksimal yang bisa kalian bawa. Jika total berat keseluruhan item, sudah mencapai berat maksimal itu, maka bisa dikatakan inventory kalian penuh. Alias kalian tidak bisa membawa barang lagi. Salah satu contoh game yang menerapkan sistem ini, bisa kalian lihat pada MMORPG Ragnarok Online

DSC04398 DSC04396

Setiap job class dalam game ini memiliki kapasitas maksimal inventory yang berbeda-beda. Hal ini akan mempengaruhi kemampuan tiap class, untuk membawa banyak barang. Jika inventory kalian teralu penuh, alias sudah teralu berat, maka akan ada penalti tertentu. Yakni kemampuan regenerasi HP/MP yang ditiadakan.

Inventory berdasarkan ukuran barang

Buat yang pernah bermain Diablo, inventory seperti ini rasannya tidak asing. Penjelasan mudahnya adalah, kapasitas  inventory kalian ditentukan dari ukuran barang yang ada di dalamnya. Tiap barang memiliki panjang dan lebar yang berbeda-beda. Nah, kalian harus memastikan inventory kalian masih memiliki ruang kosong. Agar sebuah barang bisa pas di dalamnya. Contohnya bisa dilihat di bawah ini



Path of Exile adalah contoh MMORPG yang menerapkan sistem inventory ini. Saya pribadi menjulukinya ‘inventory tetris’. Karena kalian harus menyusun barang-barang di dalamnya, layaknya menyusun balok-balok tetris. Jika pandai menyusunnya, maka banyak barang yang bisa kalian bawa.

Yang membuat inventory tetris ini terasa beda, adalah gamer bisa melihat detil visual item. Well, item dalam inventory terlihat jelas, entah itu bentuknya, warnanya, bahkan hingga detil-detil lainnya. Hal ini yang membuat inventory tetris terasa unik, jika dibandingkan dengan dua tipe sebelumnya.

Penutup

Dari ketiga jenis inventory di atas, sebagian besar developer menggunakan tipe yang pertama untuk game mereka. Well, tipe pertama juga memudahkan gamer untuk mengatur barang-barang dalam inventorynya. Sehingga gamer ga perlu pusing mengenai berat maksimal, atau harus main ‘tetris’. Pokoknya, selama ada slot/kotak yang tersisa, maka masih ada tempat di dalam inventory kalian.

Nah, gamer, kalian lebih suka tipe inventory yang mana? Ataukah kalian pernah melihat tipe inventory MMORPG, yang berbeda dari tiga contoh di atas? Tuliskan pada kotak komentar di bawah ini, ya

 

Happy gaming.

Ditulis oleh Chris Yang pada 27 February 2014 11:05



Berita Terpopuler

comments powered by Disqus